PIMPIN BON VOYAGE KE 42 BP3IP JAKARTA, KEPALA BPSDMP AJAK PARA LULUSAN UNTUK BERKONTRIBUSI PADA KESEJAHTERAAN PELAUT.

  • 2018-07-17 15:54:00

Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Umiyatun Hayati Triastuti, memimpin kegiatan Bon Voyage ke 42 lulusan Diklat Pelaut (DP) Tingkat I Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, di Candi Bentar Convention Hall Ancol. (28/6)

Bon Voyage yang bertema ”Through the 42nd Bon Voyage, We Support the Improvement of Seafarer Wellbeing to Create Better Shipping for Better Future” diikuti sebanyak 93 lulusan. Para lulusan terdiri dari peserta DP Tingkat I Nautika sebanyak 50 orang yang memperoleh predikat Kepelautan Master Mariner dan peserta DP Tingkat I Teknika sebanyak 43 orang yang memperoleh predikat Kepelautan Master Marine Engineer.

“Selanjutnya berdasarkan pasal 5 peraturan Pemerintah RI no. 7 tahun 2000 tentang Kepelautan, untuk yang telah memperoleh sertifikat Ahli Nautika Tingkat –I diberikan predikat kepelautan Master Mariner dan untuk yang telah memperoleh sertifikat Ahli Teknika Tingkat–I diberikan predikat Kepelautan Master Marine Engineer,” Ungkap Direktur BP3IP Capt. Mulder Mustafa.

Dalam sambutannya, Umiyatun Hayati Triastuti yang akrab disapa Hayati, menjelaskan bahwa pelaut memiliki kontribusi penting dalam perdagangan Internasional, dimana 85% angkutan barang antar negara menggunakan moda transportasi laut. “Perdagangan internasional khususnya angkutan barang dari satu negara ke negara lain, lebih dari 85% menggunakan moda transportasi laut. Sehingga moda transportasi laut merupakan moda unggulan dalam mewujudkan kelancaran perdagangan dan perekonomian dunia yang tentunya harus didukung oleh armada kapal dan pelaut yang handal.” Ungkap Hayati. 

Oleh karena itu, Hayati mengajak kepada para lulusan serta pelaut yang pada tanggal 25 Juni telah memperingati Hari Pelaut Dunia untuk ikut berkontribusi pada kesejahteraan pelaut terutama kesehatan mental, sesuai tema yang diusung oleh International Maritime Organization (IMO). “Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Dunia saya secara pribadi dan selaku pimpinan Badan Pengembangan SDM Perhubungan mengucapkan selamat kepada para pelaut yang hadir disini dan khususnya kepada peserta Bon Voyage ke 42 semoga semua pihak yang terkait dapat mempunyai kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan pelaut dan mengutamakan kesehatan para pelaut.” Ungkap Hayati.

Hayati juga mengingatkan kepada para lulusan agar terus mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan persaingan global dan perkembangan IPTEK, dengan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang mendukung  profesi. “Walaupun sudah mencapai tingkat tertinggi, namun jangan pernah berhenti untuk terus menerus mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang mendukung profesi, loyalitas dan integritas dalam memberikan sumbangsih bagi pelayanan masyarakat, negara dan bangsa di tingkat nasional dan global.” ucap Hayati.

Pada akhir sambutan, Hayati juga berpesan agar para lulusan juga dapat memberikan kontribusi dalam industri maritim nasional dan internasional dengan tetap menjaga nama baik dan martabat Bangsa dan Negara Indonesia. “Sertifikat kompetensi saudara  telah diakui secara internasional. Untuk itu saudara dapat berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan industri maritim baik secara internasional dan nasional. Jagalah martabat keluarga, almamater, serta Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.” Pesan Hayati. 

Pada kesempatan yang sama, Hayati juga mengajak seluruh lulusan, Civitas akademika BP3IP serta para tamu undangan untuk mengheningkan cipta atas insiden tenggelamnya KM. Sinar bangun. “Terkait dengan insiden tenggelamnya KM. Sinar Bangun di Danau Toba dan insiden yang lain, marilah kita sejenak mengheningkan cipta untuk mendoakan para korban semoga diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta yang selamat semoga cepat pulih,” Ucap Hayati.