PERINGATI HARDIKNAS MENHUB AJAK TARUNA MEMBUAT INOVASI DI BIDANG TRANSPORTASI

  • 2019-05-07 13:41:29

Jakarta (2/5) – Kalian para taruna harus bisa membuat terobosan dan inovasi baru di bidang transportasi. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat memberikan kuliah umum kepada para Taruna Transportasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, di Ruang Mataram, Kementeria Perhubungan, Jakarta (2/5).

Kuliah umum yang mengambil tema “Pengemabangan Sumber Daya Manusia Transportasi Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembangunan dan Daya Saing”, ini diikuti sebanyak 400 orang Taruna yang berasal dari 4 sekolah antara lain Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Sekolah Tinggi Penerbangan Indnesia  (STPI) Curug, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, serta 60 tenaga pengajar di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Dalam penyampaiannya, Menhub menantang para taruna untuk dapat menciptakan inovasi di bidang trasportasi. Dimana perkembangan ilmu pengetahuan amatlah pesat tidak terkecuali sektor transortasi. “Kalian para taruna harus bisa membuat terobosan dan inovasi baru di bidang transportasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) demikian pesat dan merambah semua sisi kehidupan, termasuk sektor transportasi. Tantangan bagi kalian, bagaimana bisa menciptakan inovasi baru di bidang transportasi ini,” ungkap Menhub Budi.

Selain itu, untuk mendorong para taruna agar terus berkarya dalam menciptakan inovasi, Menhub Budi memberikan saran kepada Kepala BPSDMP dan kepala UPT di lingkungan BPSDMP untuk membuat kompetisi, dengan pemenang diberikan hadiah untuk studi banding ke luar negeri. “Silahkan membuat kompetisi dan beri mereka tantangan untuk membuat solusi yang terbaik. Pemenangnya bisa dikirim untuk studi banding ke London atau kota besar lainnya. Setelah kembali, mereka bisa mengembangkan potensi diri lebih lanjut,” jelas Menhub Budi.

Pada akhir pemaparanya, Menhub Budi berpesan kepada para taruna untuk dapat membuktikan diri dan memberikan karya bagi bangsa dan Negara. “Buktikan kalian hebat dan bisa membuat inovasi baru di bidang transportasi. Sekarang waktunya kalian berkarya untuk bangsa dan negara ini,” tandas Menhub.

Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas antara Kepala BPSDMP dengan 30 Kepala UPT di Lingkungan BPSDMP yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan. Hal ini diselenggarakan dalam rangka upaya pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. (SS)