KEPALA BPSDMP TINJAU PELAKSANAAN TES SKD CALON TARUNA PERHUBUNGAN

  • 2020-07-29 11:06:26

Jakarta (27/7) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Sugihardjo tinjau pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) SIPENCATAR 2020 Jalur Reguler Pola Pembibitan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Tahun ini SIPENCATAR Jalur Reguler Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan membuka total 2.676 formasi, terdiri dari 1.932 formasi Program Studi Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan dan 744 formasi Program Studi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah. 

“Dengan dibukanya penerimaan calon taruna baru tahun 2020 pola pembibitan ini dapat memberikan kesempatan bagi para putra putri terbaik bangsa untuk mengenyam pendidikan pada sekolah-sekolah di lingkungan Kementerian Perhubungan”, tutup Sugihardjo.

Tes SKD ini merupakan seleksi tahap pertama dalam rangkaian SIPENCATAR 2020 yang dilakukan guna mendapatkan SDM terbaik sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan di bawah Pemerintah Daerah yang nantinya akan dididik di Sekolah Tinggi/ Politeknik/ Akademi di bawah Kementerian Perhubungan. Tes SKD ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan total 100 nomor soal.

"Proses seleksi dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT sehingga menjadi lebih kompetitif, adil, objektif, transparan serta hasil tes dapat langsung diketahui setelah peserta menyelesaikan tes", ungkap Sugihardjo.

Pelaksanaan tes SKD tahun 2020 ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga para peserta tes diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Seleksi calon taruna jalur pola pembibitan ini tetap mengacu dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara ketat dengan mewajibkan para peserta memakai masker, face shield, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer serta di cek suhu tubuhnya sebelum memasuki lokasi tes", ungkap Sugihardjo.

Tes SKD SIPENCATAR Jalur Reguler Pola Pembibitan tahun 2020 diikuti 31.673 peserta yang dilaksanakan di 39 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk tes SKD di STIP Jakarta dilaksanakan selama 2 hari, dengan total 757 peserta yang dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya.

"Saya optimis bahwa para peserta dapat mengerjakan semua tahapan tes dengan baik dan akan mendapatkan hasil yang baik pula, sehingga akan bisa melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya dalam rangkaian SIPENCATAR Jalur Reguler Pola Pembibitan 2020 ini", tambah Sugihardjo.

SIPENCATAR Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran melalui 3 jalur, yaitu Jalur Reguler Pola Pembibitan, Jalur Reguler Non Pola Pembibitan, dan Jalur Mandiri.

"Bagi peserta yang tidak lolos di tes SKD ini, masih dapat mendaftar melalui 2 jalur seleksi lainnya yakni jalur reguler non pola pembibitan dan jalur mandiri untuk dapat bergabung menjadi Taruna Transportasi", tutup Sugihardjo.

Sekolah Kedinasan di Lingkungan Kementerian Perhubungan yang akan membuka pendaftaran Sipencatar 2020 Pola Pembibitan. Pada Matra Darat yaitu Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Bekasi, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, dan Politeknik Transportasi Darat Bali. Untuk Matra Laut yaitu, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, PIP Makassar, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Poltekpel Sumbar, Poltekpel Aceh, dan Poltekpel Banten. Sedangkan untuk Matra Udara yaitu, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Poltekbang Makassar, Poltekbang Medan, Poltekbang Palembang, dan Poltekbang Jayapura.

Jakarta, 27 Juli 2020